02 November 2009

Mental Yang Gimana Sih...?


Gue punya temen blogger. Namanya Vicky Lurentina. Gue suka gaya bicaranya, eh... maksudnya tulisannya yang lugas dan berani serta apa adanya. Dia nggak ragu bilang A kalau dirinya emang ngerasa harus bilang A. Dan, yang nggak kalah penting, dia good looking gitu loh.....

Nah, di salah satu postingannya, di bercerita tentang Fiona - temennya- yang sekarang lebih sering naik angkot ketimbang pake mobil sendiri. Usut punya usut, ternyata masalahnya ada pada gundukan pasir dan matrial bangunan tetangganya yang memakan badan jalan. Jalan yang biasa dia lewati jadi sempit. Dan ini membuat mobilnya nggak bisa lewat. Gitu kira-kira ceritanya. Gue akhirnya dipaksa buat merenung. Kenapa ? Kok repot-repot amat gue ikut mikirin masalah itu ? Bukan, bukan itu yang hinggap di pikiran gue.

" Kok sama yah...? " batin gue. Serius, kasus-kasus kayak gitu tuh ternyata ada di mana-mana, tentunya dengan kadar dan situasi yang berbeda. Perilaku bertindak sembarangan tanpa peduli kiri kanan dengan nggak pake etiket itu ternyata ada di semua tempat. Ada yang kasih komentar, katanya itu adalah ciri kehidupan kota yang emang udah individualistis.

Lah,... ternyata sikap semacam itu bukan monopoli orang kota aja. Di kampung-kampung atau desa-desa ? Sama aja !

Gue pikir, ini masalah mental. Mental bangsa ini. Mungkin karena sejarah telah kasih warisan berupa lembaran-lembaran hidup di bawah penjajahan, dimana feodalisme dan arogansi jadi kebanggaan. Tapi itu kan udah berlalu bergenerasi-generasi.... Awet amat warisan itu nempel menghuni mental manusia-manusia negeri ini ? Mungkin gue salah satu pewarisnya ? Mungkin juga. Hehehe...

Hmmmm... gue jadi inget buku yang berjudul Catatan Hukum Karni Ilyas. Itu loh, Pemimpin Redaksi TV One. Buku itu terbit beberapa tahun lalu. Sory, tepatnya gue lupa, soalnya barusan gue cari-cari kok nggak ada. Padahal gue pengen kasih referensi seakurat mungkin. Ah... nyempil di rumah kali.

Pokoknya, dalam salah satu catatannya dia mengatakan bahwa budaya kekerasan, intimidasi dan sikap nggak peduli tentang kerugian orang lain itu mental kita punya. Kok kekerasan diajak-ajak sih ? Itu pertanyaan anda kan ?

Sabar, ya begitulah yang gue kutip. Tapi yang harus digaris bawahi adalah sikap merugikan orang lain. That's the point ! Jadi, mental kita tuh sebenernya rentan terhadap kesempatan dan kekuasaan. Show up, adalah dahaga yang musti diatasi. Ujungnya, mental kita akan berteriak kegirangan saat kesempatan itu ada.

Masih gue kutip dari Catatan Hukum Karni Ilyas, di situ dicontohkan betapa orang akan menunjukkan kekuasaannya ketika ada kesempatan. Mungkin bangsa ini termasuk bangsa yang narsis. Orang seneng banget pamer sesuatu. Kalau nggak bisa pamer hal positif, yang jelekpun nggak masalah. Judulnya unjuk gigi...

Liat aja di jalanan. Berapa banyak knalpot motor yang meraung-raung. Jujur, kalau gue di jalanan terus ketemu sama motor yang knalpotnya bikin sakit kuping itu, gue ngerasa terintimidasi. Belum lagi kalau gaya nyetirnya ugal-ugalan. Huh... memang jalan ini punya mbahmu ? ( Pinjem judulnya Vicky lagi :-) )

Di jalur pantura, bahkan saat traffic jam, bus-bus gede seenaknya nyerobot dan mepetin kendaraan kecil. Tambah lagi angkot yang seenaknya berenti di sembarang tempat dengan tiba-tiba. Nah, gue heran sama yang namanya angkot. Maksud gue gini, kadang-kadang angkot ngebut dengan keneknya yang teriak-teriak sambil mengacung-acungkan tangan biar kita minggir. Tapi di lain waktu jalannya lelet banget kayak keong, bikin yang dibelakangnya nggak sabar. Toh si angkot cuek aja.

Kadang-kadang ngotot buat nyalip, tapi setelah itu berenti mendadak dengan motong jalan. Fuuuhhhh... Gue cuma bisa geleng-geleng kepala. Tapi ada lagi yang gue lebih geleng-geleng kepala. Apa itu ? Lagi-lagi motor. Ya... motor yang keluar dari gang. Pernah ngalamin nggak dikagetin sama motor yang dengan tiba-tiba nyelonong dari gang ? Ada apa dengan orang-orang itu sih ? Raditya Dika pernah bilang dalam bukunya, orang-orang kayak gini nich yang boker jongkok di kloset duduk, yang selalu nyela-nyela antrian.

Emang bener-bener dech. Orang-orang kayak gini udah ilang toleransi kayaknya. Mestinya sempetin waktu sebentar kek, pas di mulut gang berenti dulu atau minimal pelan-pelan. Liat situasinya dulu, lewat dech kalau aman. Lah ini nggak ! main selonong aja. Karuan aja kita yang lagi meluncur di jalan utama jadi kaget. Bayangin aja, sepanjang jalan ada berapa gang yang harus kita lewatin ? Bisa jantungan kalau di tiap gang kita dibikin kaget. Untung nggak lagi nggak ngelamun jorok. Nah kalau lagi ngelamun jorok, omelan apa kira-kira yang keluar dari mulut kita?

Itu aja ? masih banyak...! Dari yang nganggep traffic light lampu disko sampe jalan raya yang dianggep arena free style. Nah, dengan semangat yang membara gue gak pengen termasuk dalam komunitas kayak gitu. Akhirnya, dengan sadar hati gue taat banget sama peraturan lalu lintas. Kecepatan motor gue sesuaikan dengan batas-batas yang diperbolehkan, lampu depan nyala siang malem, safety riding gue terapin.

Sampai-sampai suatu hari jam 3 malem gue baru pulang lembur. Hujan gede banget, serba salah. Kaca helm gue tutup, gue nggak bisa liat jalan, gue buka muka gue serasa disambitin kerikil. Sampailah gue di traffic light yang pas gue lewat pas nyala merah. Sepi banget. Nggak ada satupun orang atau kendaraan lewat. Boro-boro ada polisi jaga. Tapi gue berenti juga, dengan semangat taat peraturan. Gue pikir-pikir, akhirnya gue senyum-senyum geli. Soalnya gue ngerasa culun banget. Bayangin aja, jam 3 pagi, hujan gede disertai angin kenceng, sendirian di traffic light, berenti, senyum-senyum pula. Sekarang gue ngerasa kayak orang gila, senyum-senyum sendirian. Sadar mirip orang gila senyum-senyum sendirian... gue ngakak....sendirian, sampai nggak sadar kalau lampu ijo udah nyala. Gawat... jangan-jangan gue beneran gila. Gue tancap gas.

Ngeliat ketertiban gue dalam berlalu-lintas mestinya gue dapet reward. Tapi jangan berpikir gitu lah... nggak ada yang peduli. Bahkan Si Topi Putih ( Polisi Lalu Lintas ) sendiri. Buktinya, besoknya gue terperangkap razia. Pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan. SIM ada, STNK juga ada. Tapi gawatnya STNK gue telat 1 bulan, belum diperpanjang. Pengen sebenernya gue ceritain perilaku berkendara gue yang tertib dan taat. Tapi gue pikir nggak ada manfaatnya. Polisi selalu bertindak dengan bukti yang ada. Duh,... mustinya gue rekam peristiwa hujan di traffic light semalem. Namanya juga usaha, siapa tau dapet kebijaksanaan.

Tapi akhirnya gue ditilang juga. STNK dan motor gue ditahan, dan baru boleh diambil kalo STNK udah diperpanjang. Gue hubungi adik, minta dijemput. Tragis, adik gue lagi liputan luar kota. Dan gue pulang naik angkot sambil nenteng helm.

Nah, di dalam angkot gue berpikir. Di jalanan banyak pengendara yang seenaknya aja nyemplak kendaraannya. Tapi yang terus-terusan dirazia kok surat-surat melulu ? Bukannya nertibin mereka yang membahayakan, minimal merugikan pengguna jalan yang tertib ? Ah,... ini juga mungkin soal mental.

Sampai di rumah, gue tetap menyalakan mode TERTIB dalam berlalu lintas. Meskipun tadi gue sempet berpikir : " Buat apa gue tertib berlalu lintas kalau aparat sendiri nggak ngehargain kesadaran gue buat taat ? "

Ah,... yang terpenting gue berusaha buat memiliki mental yang baik.

12 comments:

  1. salam sahabat
    kalo begini jadi siip gitu,memberikan inspirasi.good luck ya..

    ReplyDelete
  2. salam sahabat
    jadi tahu siapa diri kita sendiri he..he..good posting Sob..good luck ya..

    ReplyDelete
  3. salam sahabat
    ehm..kalo gini jadi tahu siapa diri kita sendiri.good posting make me get inspirations thnxs n good luck ya...

    ReplyDelete
  4. Henny juga ikutan nimbrung di postingan mbak Vicky waktu itu.
    Mungkin semua ini karena pada dasarnya bangsa kita ini bangsa yg terlalu lama dijajah kali ya?belum lagi kondisi negara yang slalu ketinggalan dari negara lain.dampaknya kita selalu berusaha show off yg nggak jarang cuma niru-niru kejelekan bangsa lain

    ReplyDelete
  5. Jiaah..gw ditulis di sini, hahahah! Terima kasih ya, Mas Reza..

    Apa yang bisa kita lakukan dengan fenomena ini? Mungkin kita perlu waspada bahwa kita juga seperti mereka. Sama-sama egois! Gw sampai bergurau sama Fiona waktu itu, untuk sementara dalam waktu dekat jangan bikin hajatan dulu deh di rumah. Nanti kalo Fiona bikin hajatan, itu gundukan pasir terpaksa harus disingkirkan demi memberi jalan buat tamu, bisa-bisa rumahnya si tetangga nggak jadi-jadi. Atau bilanglah ke ortunya jangan sampai kena serangan jantung, soalnya nanti ambulans nggak bisa lewat gara-gara kehalang pasir tetangga!

    Kita nggak hidup sendirian, coz pasti kita punya tetangga. Bahkan kalau pun kita sudah berikrar mau jadi makhluk individualis sekalipun, cobalah untuk tidak jadi makhluk yang ganggu orang lain. Naruh gundukan pasir sampai menghalangi jalan, atau cuman sekedar tidak mematuhi aturan lalu lintas, itu namanya sudah ganggu ketertiban umum. Dan tindakan kecil-kecilan itu, sudah layak disebut mengganggu orang lain.

    ReplyDelete
  6. huhuhuhu....sepertinya semua pernah menjadi korban ketidakpedulian orang2 sejenis itu yg bikin beteeee...deeh yaaa..


    xixixixixi...mari kita bersabar...! ^^

    ReplyDelete
  7. Saya cuma bisa ngelus dada
    karena yang saya punya tangan dan dada
    suara saya tak cukup keras untuk berteriak
    tapi setidaknya tulisan mas Reza mampu meneriakkan seribu suara yang sama.

    THanks for share

    ReplyDelete
  8. Salam kenal..aku juga paling sebel sama suara knalpot motor yang meraung2 ganggu banget...

    ReplyDelete
  9. Hallo semua... makasih yach udah kasih coment. Pokoknya welcome to the jungle lah....

    ReplyDelete
  10. lama gak postingan ya...
    ceritanya panjang bangets, perlu waktu 10menit tuk bacanya.
    lam kenal.. Blogger nganjuk

    ReplyDelete
  11. Klo smua org mau disiplin dlm tata tertib, pasti jalan raya di negeri ini akan sangat nyaman dilihat dan dilewati

    ReplyDelete
  12. sebenernya saya pengen komen begini "aaah..orang indonesia ya begitu laaah.."

    kapan ya bisa lebih disiplin. ..

    ReplyDelete